Profil Sekolah

SMA Muhammadiyah 9 Bekasi berdiri pada tahun 1979 yang dahulu bernama SPG Muhammadiyah, yang sampai saat ini telah memasuki usianya lebih dari 30 tahun, memiliki pengalaman dalam menjalankan program pendidikannya baik berupa keberhasilannya maupun tantangan. Alhamdulilah berkat kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak baik dari PDM, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, beserta karyawan Guru dan Siswa serta masyarakat pada umumnya, SMA Muhammadiyah memiliki sertifikat AKREDITASI A.

Budaya Sekolah yang dikembangkan di lingkungan SMA Muhammadiyah 9 Bekasi adalah berbasis nilai-nilai Islam, Kependidikan dan Keilmuan. Kegiatan-kegiatan yang mengarah ke sana misalnya ditunjukan dengan wajib mengenakan busana muslimah bagi wanita baik guru maupun siswi. Mengawali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan tadarus Al-quran berdoa di awal dan diakhir Kegiatan Belajar. Mengadakan Kultum setelah shalat adanya Tahajud setiap 2 bulan sekali dan adanya pengajian rutin bulanan Dewan Guru pada setiap ahad ke empat. Shalat berjamaah untuk shalat wajib dan shalat Jumat, serta kebiasaan melaksanakan Tathowuan dan kebiasaan salam.

Setiap tahunnya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak pada SMA Muhammadiyah 9 Bekasi meningkat, hal ini dikarenakan SMA Muhammadiyah 9 Bekasi memiliki Kurikulum Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) yang dirasakan sebagai kekuatan dan menjadi ciri khas yang membuat Orang tua tertarik untuk menyekolahkan Putra-Putrinya ke SMA Muhammadiyah 9 Bekasi. Dalam menjalankan pendidikan, SMA Muhammadiyah memiliki 2 (dua) buah program yaitu Program Reguler dan Program Khusus.

Program Reguler dalam kontek penyelenggaraan Pendidikan di Lingkungan SMA Muhammadiyah 9 Bekasi adalah program pendidikan dengan kurikulum dan ketentuan lainnya sesuai dengan kurikulum Pemerintah (Depdiknas) dan kurikulum Depag dengan sedikit penambahan program/pelajaran yang bercirikan khas Al Islam dan Kemuhammadiyahan atau muatan lokal.

Sementara yang dimaksud dengan Program Khusus adalah program pendidikan yang dirancang secara khusus dengan memodifikasi kurikulum Pemerintah dengan program muatan lokal. Adapun perbedaan yang cukup signifikan antara Program Reguler dan Program Khusus bisa dilihat dari segi kurikulum, program, pola KBM, waktu belajar dan dukungan sumber dananya.

Kurikulum yang dipergunakan oleh SMA Muhammadiyah 9 Bekasi adalah kurikulum Depdiknas, Depag, dengan tambahan muatan lokal dalam bidang agama seperti : aqidah, akhlak, ibadah, skill, Bahasa Arab, dan Kemuhammadiyahan.